Wednesday, November 27, 2013

Tips Cara Mengatasi HP Nokia Asha Restart Mati Sendiri

Tips Cara Mengatasi HP Nokia Asha Restart Mati Sendiri - Berawal dari pengalaman pribadi, saya beli HP baru NOKIA ASHA 210 di Medan dengan harga Rp 730.000. Hari pertama penggunaan, saya charger beberapa jam dalam kondisi HP mati. Lalu setelah belum 100% penuh, saya gunakan untuk setting dan uji ketahanan mesin.

Lalu saya pindahkan data-data dari Micro SD dari HP saya sebelumnya ke kartu memory Micro SD 4 GB milik Asha, saya pindahkan setengah-setengah file karena jika seluruh file (1,8GB file size) langsung dipindahkan otomatis akan nolak.

Setelah memindahka semua file, saya setting HP dan menu pengaturan. Tak lama setelah itu, Nokia Asha 210 pun sering mati atau restart dengan sendirinya saat menjalankan aplikasi Internet. Lalu saya hidupkan kemabali, dan coba lagi membuka aplikasi Internet alhasil tetap saja restart dengan sendiriinya.

Beberapa hari penggunaan, tetap saja Nokia Asha 210 sering mati atau restart sendiri. Lalu, karena ini hal baru bagi saya, saya coba cari solusinya di internet, dari solusi yang saya dapatkan katanya jika terjadi seperti itu baiknya harus di flashing (bahasa lain: upgrade atau instal ulang).

Cara Lainya adalah:
  1. Bersihkan chance browser
  2. Scan virus micro SD

Karena HP masih baru, seminggu kemudian saya garansikan HP Nokia Asha 210 di Nokia Care, keesokannya sudah selesai di flashing, lalu saya cek kondisi HP sudah berjalan dengan baik.

Lalu, bagaimana bila garansi HP Nokia Anda sudah mati? Tenang saja, kamu bisa melakukan flashing sendiri dengan cara dibawah ini.

SOFTWARE YANG DIBUTUHKAN :
  • firmware HP adalah sebuah paket yang berisi sofware-software dasar HP (seperti sms, contact, galeri, dll) yang akan di pasang di HP. jadi setiap HP memiliki firmware yang berbeda-beda.)
  • Phoenix - software yg dibutuhkan untuk melakukan instal ulang / flash. Downlaod disini
Langkahnya :

langkah pertama download Firmware hp agan dulu. Pengertian firmware dah ane jelasin diatas
  1.  masuk web http://mrcrab.net/nokia.html . Lalu downlaod firmware sesuai hp kamu. Kalau belum tau tipe firmwarenya bisa cek di google
  2. lalu copy semua file firmware tadi yang kamu download dan paste di direktori (C/ProgramFiles/Nokia/Phoenix/Product)
    catatan: ngopinya satu folder ya, lalu diberi nama RM-xxx (xxx adalah versi RM kamu) << jika tidak nanti phoenix tidak bisa mendeteksi letak firmware hp kamu dan akan muncul pesan seperti "neither DP1.0 DP2.0 not found blablaa.." begitulah..
Langkah berikutnya yaitu mulai flashing hp nokia menggunakan phoenix!
  1. Lalu sambungkan HP dengan PC/laptop dan pastikan bahwa pc sudah mendeteksi cable usb yang masuk / nokia pc suite sudah tersambung dengan HP.
  2. buka phoenix yang telah kamu instal.
  3. lalu pada connection pilih yg usb1 atau usb2 (ini untuk yg HP mati total/tidak bisa dibuka), atau pilih sambungan yg RM-xxx sesuai jenis product yg kamu download tadi (ini untuk instal ulang/flash hp dalam kondisi hidup)
  4. lalu pilih file - open product  , nanti disana akan muncul firmware yg telah kamu copy ke direktori product phoenix, (atau jika ingin otomatis mendeteksinya bisa langsung pilih file - scaning product)
  5. pilih product tersebut lalu klik OK
  6. lalu masuk ke tab flashing - pilih firmware update
  7. lalu masukkan product code kamu pada list yg tersedia
  8. jika hp dalam kondisi mati-> beri tanda centang pada dead phone USB flashing, atau jika hp kondisi hidup -> tidak perlu centang pada deadh phone.
  9. lalu klik refurbish dan tungu hasilnya
    Jika flash dalam kondisi hp matot masuk ke langkah dibawah.
  10. selanjutkan akan muncul pesan untuk mengikuti instruksi2nya. tinggal ikuti saja perintahnya: (langkah 3 dan 4 bisa dibalik) 

  1. Disconnect usb cable -> lepas kabel usb yg terhubung dengan hp
  2. Remove battery -> lepas baterai hp
  3. Insert hp - masukkan hp kembali
  4. Connect usb cable -> sambungkan lagi kabel usb hp ke pc/laptop
  5. Press power button -> klik pada tombol utuk menghidupkan hp/power button hanya 1 detik saja (jangan samapai hidup hp-nya)
  6. Press ok -> klik OK
Jika berhasil nanti prosesnya akan berjalan.. dan tunggu sampai selesai (proses refurbish diatas waktu saya coba hanya membutuhkan waktu 5-10 menit saja ..)

Jika tidak berhasil atau muncul pesan gagal, bisa ulangi langkah nomor 17. Semoga berhasil..!!
Langkah diatas sudah saya coba praktikkan dengan hp saya nokia C3-00 yg menemui banyak eror dan WORK 100% - HP jadi kembali semula pada keadaan pertama kali membeli dan versinya pun lebih update. tested : work by zamedaku on nokia c3

Maka demikianlah artikel Tips Cara Mengatasi HP Nokia Asha Restart Mati Sendiri, semoga dapat membantu Anda untuk lebih paham lagi.
thumbnail
Judul: Tips Cara Mengatasi HP Nokia Asha Restart Mati Sendiri
Ditulis Oleh

Artikel Terkait HP, Nokia, Tips and Trick :

 
Copyright © 2013. About - Sitemap - Contact - Privacy
Template Seo Elite oleh Bamz